Senin, 09 Maret 2015

CARA MEMASANG IKAT KEPALA(UDENG)



Ada beberapa langkah-langkah maupun cara memasang ikat kepala atau yang kerap disebut udeng.
Langkah pertama pilih ikat kepala yang mau anda gunakan.
Ada dua pilihan yaitu:
Memasang ikat kepala(udeng) lembaran.
Memasang ikat kepala setengah jadi.
 Pertama saya akan jelaskan tentang cara memasang ikat kepala(udeng)lembaran.
Ambil udeng lembaran anda dan letakkan di atas meja yang datar. Langkah Selanjutnya masuk dalam langkah melipat, yaiu ambil salah satu sudut dari ikat kepala(udeng) tersebut dan letakkan pada satu sudut lainnya sehingga membentuk segitiga sama sisi. Kemudian lipatlah ikat kepala(udeng) tersebut sesuai keinginan anda dengan cara melipat ikat kepala yang masih berbentuk segitiga sama sisi menjadi bentuk udeng yang memiliki sudut janggar dan ujung untuk mengikat. Setelah itu letakkan ikat kepalanya di kepala anda dan sudut dari janggar tersebut harus sejajar dengan hidung, selanjutnya tarik kedua ujung udeng tersebut ke belakang kepala anda dan lipatlah ikat kepala tersebut di bagian belakang supaya terlihat rapi,kemudian tarik kedua ujung dari ikat kepala tersebutke depan  dan lipatlah bagian depan dengan rapi, kemudian tarik ujung dari janggar ikat kepala tersebut, bentuklah janggar dari ikat kepala tersebut sesuai keinginan anda.
Anda juga bisa menghias ikat kepala dengan menaruh bunga di samping janggar tersebut, juga bisa menggunakan bulu merak.
 Yang kedua saya akan jelaskan tentang cara memasang ikat kepala setengah jadi.
Memasang ikat kepala setengah jadi tidaklah serumit memasang ikat kepala(udeng) lembaran, dimana ikat kepala ini sudah membentuk janggar.
Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mengambil ikat kepala setengah jadi dan meletakkan di kepala dengan sudut janggar juga sejajar dengan hidung, kemudian tarik ujung ikat kepala setengah jadi kebelakang kepala dan lipat di bagian belakang dengan rapi. Kemudian ambil lagi kedua ujung dari ikat kepala tersebut dan lipatlah dibagian depan  dengan rapi, ikatan ini juga bisa bervariasi sesuai keinginan anda. Ikat kepala setengah jadi juga dapat anda hias dengan menggunakan bunga mapun bulu merak di samping janggar udeng.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar